Tips Dolan Hemat Ke Jogja

Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia, baik bagi wisatawan asing maupun lokal. Sebagai kota pelajar dan budaya, Yogyakarta selalu istimewa dan memiliki magnet tersendiri untuk menarik banyak orang, bahkan yang telah berkali-kali mengunjunginya. Kalau mengadopsi lirik salah satu lagu Kla Project, traveler pasti akan kembali merindukan “suasana Jogja”. Nah, jika Anda berencana untuk berkunjung ke Jogja, berikut adalah beberapa tips yang akan bermanfaat demi kunjungan yang hemat dan menyenangkan ke Jogja!

 

  • Cermatlah dalam Memilih Penginapan

Meskipun traveler hanya akan memakai penginapan sebagai tempat tidur untuk ‘ngegleyeh’ kalau kata orang Jogja, tentu kenyamanan, kebersihan, dan keamanan penginapan tetap menjadi prioritas utama dalam memilih penginapan. Tapi, jangan salah. Traveler juga bisa saja berteduh di losmen sederhana yang bersih, aman, dan nyaman dengan harga yang relatif murah, mulai Rp. 50.000. Syaratnya adalah, Anda harus berburu penginapan yang tidak berada di daerah Malioboro. Toh, Anda tidak akan berkunjung ke Malioboro setiap hari, kan?

Namun, jika memang tujuan wisata Anda tidak jauh-jauh dari area Malioboro, untuk mengunjungi lokasi wisata budaya seperti keraton, alun-alun, dan Taman Sari misalnya, Anda bisa berburu losmen di sekitar Jl. Sosrowijayan yang harga per kamar di bandrol mulai Rp. 90.000.

 

  • Sewa Guess House Jika Bersama Rombongan

Jika Anda berkunjung ke Jogja bersama banyak kawan atau keluarga, ada baiknya Anda menyewa guess house daripada mencari hotel atau losmen. Di Jogja, Anda bisa menemukan guess house seharga mulai dari Rp. 600.000. Bayangkan saja, jika Anda bersama rombongan sebanyak 12 orang dan menyewa satu rumah, maka setiap orang hanya perlu merogoh kocek Rp. 50.000 per malam. Selain lebih murah, menyewa satu rumah sendiri tentu akan lebih nyaman karena lebih terjamin privasinya, kan?

 

  • Petakan Tujuan Wisatamu agar Efektif

Candi Prambanan – Rental Sewa Mobil Murah Jogja

Salah satu kenyamanan saat kamu berpiknik ke Jogja, ada beberapa destinasi wisata yang letaknya tidak terlalu jauh satu sama lain. Pantai Drini, Pantai Pok Tunggal, Pantai Indrayanti, adalah pantai yang berada sederet di daerah Gunung Kidul. Atau, Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Candi Sambisari, juga merupakan candi yang berjarak tidak terlalu jauh satu sama lain. Jadi, demi efektivitas perjalanan Anda, tentukan satu hari untuk mengunjungi beberapa tempat sekaligus yang berdekatan. Misalnya, Anda bisa menentukan satu hari sebagai temple day dimana pagi hari Anda berkunjung ke Candi Sambisari, sembari mampir sarapan soto di sekitarnya. Siang hari, Anda berkunjung ke Candi Ratu Boko, lalu malam hari Anda berkunjung ke Candi Prambanan sekaligus menikmati pertunjukan Ramayana ballet dance.

 

  • Jangan Malu untuk Menawar!

Pasar Beringharjo dan Jl. Malioboro selalu menjadi tujuan utama para wisatawan untuk mencari oleh-oleh atau souvenir khas Jogja. Jika Anda berbelanja di dua tempat ini, janganlah ragu untuk menawar! Biasanya, pedagang disana bisa menaikkan harganya hingga dua kali lipat! Jadi, traveler harus lebih berani dan aktif menawar untuk mendapatkan harga se-cucok mungkin. Jika traveler fasih berbahasa jawa, ada baiknya Anda menawar dengan bahasa jawa agar tidak terlalu terlihat seperti wisatawan. Wajarnya, mereka akan menjual lebih mahal kepada pembeli yang macak bak wisatawan.

 

  • Hamzah Batik atau Mirota Batik sebagai Alternatif Berbelanja

Nah, kalau Anda bukan tipe penawar yang telaten, bagaimana dong? Berbelanja ke Mirota Batik atau Hamzah Batik dapat menjadi salah satu alternatif. Lokasi pusat perbelanjaan souvenir Jogja ini terletak tepat di seberang Pasar Beringharjo. Di tempat ini, semua barang telah di banderol dengan harga pas, sehingga Anda tidak perlu lagi menawar. Meskipun berbelanja di Beringharjo bisa jadi lebih murah, namun harga jual di Hamzah Batik juga relatif tidak mahal. Selain tempatnya lebih nyaman, Anda juga tidak lagi perlu menawar. Oiya, di hari – hari tertentu, Anda dapat melihat pertunjukan secara gratis di tempat ini. Misalnya, setiap hari Rabu, ada pertunjukan piano classic di lantai 1 yang dimainkan oleh seniman dengan kostum beskap yang sangat njogjani. Patut dicoba, kan?

 

  • Wisata Kuliner ala Mahasiswa Jogja

Sebagai Kota Pelajar, Jogja juga memiliki banyak kampus ternama antara lain UGM dan UNY. Biasanya, makanan yang di jual di daerah kampus ini juga relatif murah. Jika Anda ingin berkuliner, Ayam Geprek Bu Rum yang terletak di Demangan, dekat Universitas Sanata Dharma dapat menjadi salah satu pillihan. Rasa istimewa, harga mahasiswa! Atau, Anda juga patut mencoba Penyetan Mas Kobis di dekat kampus FT UNY. Bumbu ayam goreng dan sambal bawangnya dijamin dapat membuat Anda kangen Jogja. Selain itu, masih ada beberapa tempat kuliner lain di sekitar kampus yang patut Anda coba, seperti Ayam Preksu, Nasi Goreng Sapi (depan SMA 3 Yogyakarta), dan Lontong Goreng di Jl. Pandega.

 

Jika Anda berpergian bersama beberapa orang, menyewa mobil adalah pilihan terbaik! Selain hemat waktu, me rental mobil di jogja juga tentu akan menghemat budget transportasi. Traveljogja.net merupakan salah satu penyedia jasa sewa mobil dijogja yang profesional dan terpercaya. Dengan Tarif Sewa Mobil Jogja mulai dari Rp. 53.000 per orang, Anda dapat bepergian kemana pun di sekitar Jogja tanpa perlu repot, karena kami juga akan menyediakan sewa mobil jogja dengan sopir yang dengan keramahannya siap untuk merekomendasikan tempat-tempat kece di Jogja. Tidak percaya? Silakan cek tarif rental mobil jogja dari traveljogja.net . Trust us to handle your safe trip!

 

Join This Conversation