Gereja Gothic Sayidan

Bangunan eksotis bergaya Eropa ini berdiri di Kampung Sayidan Kota Jogja sebagian orang menyebutnya Gereja Gothic Sayidan. Namun sebenarnya berdasarkan sejarah izin bangunya, bangunan ini adalah sebagai rumah tinggah bukan gereja. Namun sebelumnya memang bangunan ini di rencanakan untuk di gunakan sebagai gereja namun terkendala ijin nya. Hal itu juga terlihat dari Patung Yesus yang mengangkat tangan Ke arah Keraton Jogja yang mungkin bermakna seakan memberkati.

Lokasi Gereja Gothic Sayidan

Lokasi tepatnya gereja ini berada tepat di Kampung Sayidan belakang Komplek Ruko Gondomanan, atau kalau dari arah Alun – alun utara adalah timurnya setelah melewati daerah wijilan. Namun kini pemandangan Gereja Gothic Sayidan ini terlhalang ruko dan bangunan yang di sekitarnya. Dan hanya tersisa pemandangan pucuk menera Gereja nya saja. Untuk akses masuk Gereja Gothic  Sayidan ini melalui gang yang berada di sampiing Ruko Gondomanan atau selatan Bah Petruk Baru. Dari pinggir jalan utama gang tersebut terlihat sangat gelap karna diapit bangunan  tinggi sehingga menghalangi pancaran matahari.

Sejarah Gereja Gothic Sayidan

Bangunan atau Gereja gothic ini berdiri  sekitar tahun 1986-1987 dan mulai dikosongkan sejak sekitar tahun 2004 lalu karna Hak Guna Bangunan ini telah berakhir sejak tahun 2000. Dan akhirnya oleh pemerintah daerah bangunan ini dijadikan cagar budaya sejarah arsitektur.  Namun sayang tempat ini tidak boleh untuk dimasuki, padahal cukup unik untuk dijadikan objek wisata arsitektur.

Pemilik Gereja Gothic Sayidan

Lalu sebenarnya siapa sih pemilik bangunan ini..? Menurut informasi yang di dapat Pemilik Gereja Gothic Sayidan ini adalah warga keturunan Tionghoa yang bernama Ny Esther Widyo Wanandyo (almh). Berdasarkan KKD DIY tahun 1982 161/HAK/KPTS/82. Ny Esther menjadi WNI berdasarkan SK PN Yogyakarta tahun 1960 no 174/1959 WN/8.

Ny Esther  ini memiliki gelar K.MAT karna berdasarkan sejarah Ny Esther masih ada hubungan kerabat dengan keraton Surakarta dan dulu berdagang batik di pasar Bringharjo Jogja. Lalu  Suami Ny Esther adalah R. Petrus Haryono. Yang merupakan seorang pembatik yang memiliki hubungan kerabat dengan Keraton Jogja dan sudah meninggal pada tahun 1978. Keluarga ini merupakan keluarga terpandang dimana 4 diantaranya sudah cukup terkenal yaitu :
1. dr Samuel J Haryono SpB,K Onk., seorang peneliti di bidang kesehatan yang juga menjadi dokter di Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta.

2. KMT Prodjo Haryono adalah abdi dalem Kparajan Gunungkidul. Nama beliaulah yang pernah tertulis di papan nama pada pagar rumah Gothic Sayidan ini.
3. KRT Daud Wiryo Hadinagoro adalah pemilik brand batik yang terkenal hingga manca negara. Salah satu galeri beliau ada di kota Milan dan Singapura. Batik beliau pernah dipakai oleh para pesohor dunia seperti Mandela, Khadafi, Bush dan Mahathir.
4. KRT Thomas Haryonagoro adalah pakar budaya sekaligus Director Museum Ullen Sentalu Kaliurang Jogja milik keluarga Haryono.

 

Artikel Terkait Lainnya:

 

Jika anda membutuhkan sewa mobil jogja atau sewa bus jogja untuk City Tour atau acara lainya traveljogja.net siap melayani anda

Summary
Sejarah Bangunan Misterius Gereja Gothic Sayidan - Wisata Jogja
Article Name
Sejarah Bangunan Misterius Gereja Gothic Sayidan - Wisata Jogja
Description
Sering di sebut sebagai Gereja Gothic Sayidan bangunan ini menjadi Cagar Budaya. Banyak yang tidak tahu bahwa sebenarnya bangunan ini bukan geraja tapi
Author

Join This Conversation