Candi Prambanan

Siapa yang tidak mengenal candi Hindu terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara ini? Candi yang terletak di perbatasan Yogyakarta dengan Jawa Tengah ini memiliki tinggi 47 meter (5 meter lebih tinggi dari Candi Borobudur) dan dikelilingi oleh banyak candi – candi lain di sekitarnya seperti Candi Ratu Boko, Candi Sambisari, dan Candi Ijo. Candi Prambanan konon di bangun pada masa Raja Rakai Pikatan dan Rakai Balitung pada abad ke-9 masehi. Di masa pemerintahan kedua Raja ini, mereka membangun candi Hindu terbesar untuk menunjukkan kejayaan Hindu di tanah Jawa. Namun, Candi Prambanan juga dikenal dengan legenda lain.

Candi Prambanan | Traveljogja.Net

Candi Prambanan, pict taken from ig @windaoktavv

Kisah Candi Prambanan

Alkisah seorang putri cantik jelita bernama Roro Jonggrang yang dicintai oleh Bandung Bondowoso. Bandung Bondowoso hendak menikahinya namun ia tak kuasa menolak. Akhirnya, Roro Jonggrang mengajukan satu syarat untuk menikahinya, yaitu Bandung Bondowoso harus membangun candi dengan 1000 arca yang harus selesai sebelum ayam berkokok. Roro Jonggrang mengira bahwa permintaannya yang mustahil itu tidak akan dipenuhi oleh Bandung Bondowoso, akan tetapi Bandung Bondowoso malah menyanggupi. Ia adalah seorang sakti yang memiliki banyak jin. Oleh karena itu, Bandung Bondowoso mengerahkan seluruh kekuatannya dan meminta bantuan pada para jin untuk membangun 1000 arca. Mengetahui hal tersebut, Roro Jonggrang panik. Sebelum matahari terbit, ia meminta pertolongan warga untuk membakar jerami sehingga langit menjadi terang seperti terbitnya matahari. Bandung Bondowoso mengetahui bahwa ia telah dicurangi. Ia pun mengutuk Roro Jonggrang untuk menjadi arca ke-1000. Akhirnya, Candi Prambanan ini dikenal juga dengan nama Candi Roro Jonggrang.

 

Dilihat dari strukturnya, Candi Prambanan menggambarkan kepercayaan Trimurti dalam agama Hindu. Hal ini karena terdapat tiga candi di halaman utama, yaitu Candi Siwa yang didampingi candi Nandini, Candi Wisnu yang didampingi candi Garuda, dan Candi Brahma yang didampingi candi Angsa. Sementara itu, relief yang terukir di dinding – dinding candi menggambarkan kisah Ramayana yang juga terkenal di tanah Jawa. Kisah Ramayana ini dipertunjukkan setiap malam secara outdoor maupun indoor dalam bentuk sendra tari.

Ramayana Ballet Prambanan | Traveljogja.Net

Ramayana Ballet Prambanan, pict taken from www.borobudursunrise.com

Lokasi dan Retribusi Candi Prambanan

Candi Prambanan terletak di Kecamatan Prambanan. Dari Kota Yogyakarta, candi ini terletak kurang lebih 17 km. Traveler dapat dengan mudah menemukannya karena candi ini terletak di kiri jalan (dari arah Yogyakarta) Yogyakarta – Solo. Jika Anda berlibur bersama rombongan, menggunakan jasa sewa mobil jogja atau rental mobil jogja akan membuat perjalanan Anda lebih nyaman dan efektif. Traveljogja.net siap mengantarkan perjalanan Anda mengunjungi Candi Prambanan sekaligus lokasi wisata recommended lain di sekitarnya seperti Tebing Breksi, Candi Ratu Boko, Kalibiru, Pinus Pengger, Rumah Hobbit, Air Terjun Lepo dll

 

Tiket Masuk Candi Prambanan:

Wisatawan Domestik : Rp 30.000

Pelajar : Rp 15.000

Wisatawan Asing : USD 18

Join This Conversation