Gunung Api Purba Nglanggeran

Selain dikenal dengan gugusan pantai pasir putihnya, Gunung Kidul juga memiliki wisata peninggalan purbakala yaitu Gunung Api Purba Nglanggeran. Meskipun judulnya ‘gunung’, tempat ini relatif mudah didaki oleh siapa pun dan tidak memerlukan waktu berjam – jam untuk sampai ke puncaknya. Biasanya, pengunjung hanya memerlukan waktu 90 menit hingga 2 jam untuk dapat meraih puncak gunung yang dikenal dengan Gunung Gedhe.

Gunung Api Purba Nglanggeran, pict from ig @fakhruelmuhammad

Gunung Api Purba Nglanggeran, pict from ig @fakhruelmuhammad

Gunung Api Purba Nglanggeran terbentuk kurang lebih 70 jutaan tahun yang lalu di bawah laut. Sekitar 60 juta tahun yang lalu, gunung ini merupakan gunung berapi yang kemudian meletus yang mengangkatnya hingga ke daratan. Oleh karena terbentuk puluhan juta tahun yang lalu, gunung ini memiliki bebatuan yang sangat khas yaitu berbentuk besar, sangat keras, dan didominasi oleh aglomerat serta breksi gunung api. Bebatuan-bebatuan ini yang membangun gunung Nglanggeran dan menjadi tujuan hiking dan pertapaan.

 

Legenda Gunung Api Purba Nglanggeran

 

Selain tempat pertapaan, Gunung Api Purba Nglanggeran juga dikenal dengan legenda mistisnya. Konon, sebuah dusun di gunung ini yang bernama Dusun Tlogo Mardidho hanya boleh dihuni oleh 7 keluarga. Jika terdapat kurang atau lebih keluarga, makan akan terjadi bencana atau hal tidak baik di dusun. Oleh karena itu, setiap anak yang menikah harus keluar dari dusun. Menurut cerita lain, Gunung Api Purba Nglanggeran juga merupakan tempat untuk menghukum orang – orang yang melanggar aturan untuk menjaga wayang. Oleh karena itu, gunung ini dinamakan Nglanggeran yang berasal dari bahasa jawa nglanggar dan juga dikenal dengan nama lain Gunung Wayang.

Sunrise Nglanggeran, pict from wisataterbaru.com

Sunrise Nglanggeran, pict from wisataterbaru.com

Di puncak Gunung Api Purba Nglanggeran, traveler dapat menikmati sunset atau sunrise berlatar hamparan pohon dan embung. Embung ini merupakan danau buatan yang dibangun untuk menampung air. Fungsinya, jika musim kemarau tiba, embung ini dapat dipakai oleh petani sekitar untuk mengairi sawah. Di malam hari, Anda juga dapat menikmati hamparan lampu kota Yogyakarta.

 

Lokasi dan Retribusi

Tiket Masuk Siang Rp 7.000

Tiket Masuk Malam Rp 9.000

Wisatawan asing Rp 15.000

Lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Setelah memasuki gapura Gunung Kidul, beberapa kilometer di sisi jalan akan ada petunjuk menuju Gunung Api Purba Nglanggeran yang mengarahkan Anda untuk berbelok ke kiri. Dari pusat kota Yogyakarta, tempat ini berjarak kurang lebih 20 km saja. Meskipun jalur pendakiannya relatif lebih mudah dibanding gunung lain, tetap saja dibutuhkan fisik yang prima untuk melakukain pendakian. Untuk itu, ada baiknya Anda menggunakan jasa sewa mobil jogja atau rental mobil jogja untuk mencapai kawasan ini. Traveljogja.Net siap menemani dan memberikan pelayanan secara profesional. Trust us to handle your safe trip!

Join This Conversation