Jemparingan

Jemparingan adalah seni memanah gaya Mataram yang dulu sering digelar di seluruh wilayah kerajaan kuno Mataram Yogyakarta. Pada mulanya Jemparingan hanya di mainkan oleh  keluarga kerajaan dan orang yang dianggap punya status sosial yang tinggi. Raja Kerajaan Mataram pun menjadikan permainan ini sebuah perlombaan wajib di wilayah kerajaan kala itu. Namun pada perkembanganya seni memanah ini menjadi olahraga bagi semua kalangan dan banyak juga di minati oleh generasi muda.

Pada zaman kerajaan dulu para prajurit melakukan budaya jemparingan ini untuk melatih ketajaman konsentrasi dalam melesatkan anak panah. Lama kelamaan tradisi ini menyebar dan Eksistensi tradisi ini semakin menjamur kian hari mengingat panahan juga merupakan olahraga yang bukan hanya berfungsi untuk latihan fisik namun juga latihan jiwa.

Budaya Jemparingan

Di Kraton Yogyakarta sekarang ada kegiatan jemparingan yang dilakukan setiap minggu. Guna melestarikan budaya Jemparingan ini, dua tahun lalu terbentuk kelompok jemparingan dengan gaya memanah tradisi kerajaan. Kini jemparingan di lombakan dengan sasaran kayu yang di bungkus busa dan kain dan membentuk model boneka. Metode memanah dengan busur yang terbuat dari bambu di tarik kearah kepala sebelum akhirnya di tembakan ke sasaran yang berbentuk boneka tersebut yang memiliki panjang sekitar 30cm, Metode tradisional ini memerlukan ketenangan dan konsentrasi yang tinggi, karna selain menjadi olah raga, Filosofi Jemparingan ini adalah olah rasa. Karena sebenarnya olah raga panahan selalu identik dengan ketenangan dan ketepatan.

Dan jarak antara posisi duduk dengan target adalah sekitar 30m. Untuk penilaianya poin terbanyak diraih jika pemanah dapat mengenai sasaran tepat di warna merah boneka yang terletak dibagian kepala boneka. Dan jika tepat bel di bunyikan oleh panitia sebagai pemberitahuan kepada pemanah.

 

Artikel Terkait Lainnya:

 

Jika anda membutuhkan sewa mobil jogja atau sewa bus jogja untuk City Tour atau acara lainya traveljogja.net siap melayani anda

Summary
Article Name
Jemparingan Tradisi Panahan Kuno Yang Wajib di Lestarikan
Description
Jemparingan adalah Tradisi Panahan kuno nan tradisional Asli yang memiliki Filosofi dari leluhur Mataram Yogyakarta yang sampai saat ini masih di lestarikan
Author

Join This Conversation