Candi Plaosan

Candi yang termasuk candi Budha ini merupakan situs candi peninggalan kerajaan mataram kuno yang di bangun dalam masa pemerintahan Rakai Pikatan pada sekitar abad ke 9 sebelum masehi.  Letak dari Candi Plaosan ini hanya sekitar 1 km ke arah timur laut dari Candi Prambanan.

Candi Budha ini terdiri dari dua bangunan candi utama yang saling berdampingan dan masing – masing nya memilki dasar bertingkat. Anda akan menemui relief yang di pahat pada bagian selatan candi yang menggambarkan seorang lelaki, dan di candi yang satunya menggambarkan relief seorang wanita. Salah satu keunikan dari Candi Plaosan ini adalah bentuk candi Perwara berupa stupa yang ramping. Candi Plaosan ini dekelilingi oleh stupa perwara yang berjumlah 116 dan 50 buah candi perwara yang pada masing candi induk terdapat arca Dhyani Bodhisatwa.

 

 

Sejarah Candi Plaosan

Sejarah awal Candi Plaosan adalah berawal dari kisah cinta yang tidak di restui antara Rakai Pikatan dan Pramudya Wardani. Masing masing pihak keluarga tidak merestuinya karna mereka merasa berbeda prinsip, budaya dan agama. Namun sang raja menunjukan kusungguhan cinta nya dengan membangun sebuah candi plaosan ini. Dengan gaya bangunan arsitektur yang menyatukan antara gaya bangunan Hindu dan Budha.

 

Artikel Terkait Lainnya:

 

Jika anda membutuhkan sewa mobil jogja atau sewa bus jogja untuk City Tour atau acara lainya traveljogja.net siap melayani anda

 

Summary
Article Name
Kisah Cinta Dari Candi Plaosan - Sewa Mobil Jogja
Description
Candi Plaosan merupakan candi yang di dirikan pada jaman kerajaan mataram kuno yang memiliki kisah romantis. Memiliki gaya arsitektur khas candi Hindu Budha
Author

Join This Conversation