Tebing Breksi

Ini dia, salah satu destinasi baru yang menarik perhatian banyak wisatawan asing maupun lokal. Berlokasi tak jauh dari Candi Prambanan, Tebing Breksi yang menawarkan kegagahan batuan kapur menjadi sayang untuk dilewatkan. Tebing ini sebenarnya sudah terbentuk sejak ribuan tahun yang lalu. Oleh karena aktivitas pertambangan di daerah tersebut, dinding putih yang menjulang tinggi itu pun terkikis dan membentuk pahatan nan epic.  Akhirnya, pada tahun 2015 tebing yang sebelumnya hanyalah lokasi penambangan ini ditetapkan sebagai lokasi cagar budaya oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X.

 Deretan dinding batuan yang menjulang tinggi ini berbentuk mirip seperti kue lapis karena terbukanya penampang dinding tebing. Kini, Tebing Breksi bahkan berpahatkan berbagai tokoh wayang. Tak hanya disuguhi kegagahan dinding Breksi, di atas tebing ini Anda juga bisa menikmati panorama kota Jogja. Saat senja tiba, Tebing Breksi bisa menjadi pilihan tepat untuk menikmati eksotisnya sunset di langit Jogja. Tak heran jika lokasi ini menjadi salah satu spot favorit untuk berfoto dan mengabadikan momen pre-wedding.

Tak jauh dari Tebing Breksi, terdapat banyak kawasan wisata budaya seperti Candi Ijo, Candi Sambisari, Candi Prambanan, dan Candi Boko. Jadi, jika Anda ingin menghabiskan akhir pekan yang singkat untuk menikmati banyak tempat wisata khas Yogyakarta, kawasan Prambanan dengan sederet lokasi wisata ini dapat menjadi pilihan.

Lokasi dan Retribusi Tebing Breksi

Untuk dapat menikmati keindahan di Tebing Breksi ini, Anda cukup membayar parkir motor seharga Rp 2.000 atau mobil seharga Rp 5.000. Tebing Breksi beralamat di Dusun Groyokan, Sambirejo, Prambanan, Sleman. Bersama kami, Traveljogja.Net, kurang lebih hanya 1 jam untuk mencapainya dari Kota Yogyakarta.

 

Join This Conversation