Sejarah Monumen Jogja Kembali

Yogyakarta dulu pernah menjadi pusat pemerintahan Republik Indonesia pada tahun 1946-1949. Banyak peristiwa bersejarah banyak terjadi di kota ini dan kita dapat melihatnya kembali dengan mengunjungi berbagai museum, salah satunya adalah museum Monumen Jogja Kembali (Monjali). Dan kita dapat melihat berbagai cerita atau apapun yang menggambarkan kembalinya ibukota Yogyakarta sebagai tanda berakhirnya kekuasaan kolonial Belanda.

Monjali terletak di Ring Road Utara Yogyakarta merupakan lambang kembali nya pemerintahan Republik Indonesia yang menjadi bukti sejarah dengan ditariknya mundur seluruh pasukan Belanda dari Jogja tepat pada tanggal 29 Juni 1949. Hal ini menjadikan Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta dan para pejabat lainnya kembali ke Yogyakarta pada tanggal 06 Juli 1949 dari pengungsian.

 

Monumen Jogja Kembali

Kembali lagi ke museum… di museum ini kita di suguhkan oleh diorama dan berbagai macam koleksi yang mengisahkan perjuangan bangsa ini. Monumen Jogja Kembali ini terdapat 3 lantai. Lantai pertama terdapat museum, auditorium, perpus, dan kafetaria. Dan lantai ke 2 terdapat 10 diorama menggambarkan garis besar perjuangan Yogyakarta untuk mempertahankan Republik Indonesia dari penjajahan Belanda mulai dari Desember 1948 hingga Juli 1949.

Lalu, di sisi luar monumen ini terdapat halaman yang luas untuk panggung pertunjukan atau event tertentu, dan juga terdapat dinding yang bertuliskan 400 an nama pahlawan Indonesia. Dan juga disisi luar bangunan dibangun taman dengan aneka lampion warna-warni dengan bentuk yang beraneka ragam.

 

 

Artikel Terkait Lainya:

 

 

Jika anda membutuhkan sewa mobil jogja atau sewa bus jogja untuk City Tour atau acara lainya traveljogja.net siap melayani anda

 

Join This Conversation