Pasar Beringharjo

Tidak afdol rasanya jika agenda liburan atau piknik keluar kota tidak dilengkapi dengan acara berburu oleh – oleh atau souvenir. Membawa buah tangan saat traveler kembali dari liburan merupakan hal yang wajib dilakukan. Nah, supaya tidak melebihi budget dan tidak menguras isi kantong, Pasar Beringharjo adalah lokasi berburu souvenir yang paling recommended seantero Jogja!

Sejarah Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo merupakan pusat kegiatan ekonomi tertua di Yogyakarta. Wilayah ini mulanya merupakan hutan pohon beringin. Kurang lebih pada abad ke-18 masehi, hutan beringin ini menjelma menjadi lokasi kegiatan jual – beli masyarakat setempat. Ratusan tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1925, lokasi ini resmi dinamai Pasar Beringharjo oleh Hamengku Buwono IX. Beringharjo diambil dari bahasa jawa ‘bering’ yang berarti beringin dan ‘harjo’ yang berarti sejahtera. Sultan berharap lokasi yang semula hutan beringin ini dapat menjadi tempat yang menyejahterakan rakyatnya.

 

Pasar Beringharjo telah mengalami pemugaran selama beberapa kali. Lambat laun, pasar ini kian lama semakin besar dan diperlengkapi dengan berbagai fasilitas diantaranya parkir mobil, parkir motor, toilet, bahkan eskalator. Di pasar ini, para traveler dari berbagai daerah biasanya berburu batik, aneka souvenir seperti dompet anyam pandan, kerajinan kulit, hingga jejamuan dan makanan khas Yogyakarta yang dapat dijadikan buah tangan. Karena merupakan pasar tradisional, ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar kegiatan belanja Anda tetap menyenangkan dan hemat!

Pasar Beringharjo, pict from ig @artiawan_

Pasar Beringharjo, pict from ig @artiawan_

Tips Berbelanja di Pasar Beringharjo

  • Jangan Malu Menawar

Seperti layaknya pasar tradisional,sebagian besar penjual di Pasar Beringharjo terbuka untuk ditawar harganya. Justru, penjual biasanya malah menanyakan “mbak e meh towo pira?” atau “mau menawar berapa, mbak?” ketika pembeli menanyakan harga yang pas alias harga termurah yang dapat ditawarkan. Jadi, tawarlah jika Anda ingin menghemat!

 

  • Gunakan Bahasa Jawa

Seperti halnya berbelanja di Malioboro, berbelanja di Pasar Beringharjo juga akan lebih murah jika Anda menawarnya dengan bahasa jawa. Biasanya, penjual akan berpikir bahwa Anda bukan pelancong sehingga mereka cenderung menawarkan harga yang lebih murah.

 

  • Tawar Setengah Harga

Nah, ini adalah tips ala emak-emak jika berbelanja ke pasar. Umumnya, emak-emak tidak akan malu untuk menawar barang hingga 50% dari harga yang ditawarkan! Amazing bukan? Dengan menawar 50% lebih murah, penjual biasanya akan sepakat untuk menjual seharga 20% – 30% lebih murah.

Pasar Beringharjo, pict from www.souvenirindonesia.co.id

Pasar Beringharjo, pict from www.souvenirindonesia.co.id

 

  • Beli Grosir Lebih Murah

Kalau traveler memang berencana berburu oleh – oleh atau souvenir untuk keluarga dan kerabat di rumah, tidak ada salahnya untuk membeli secara grosir. Di Pasar Beringharjo bagian selatan, terdapat banyak penjual souvenir dengan harga yang sangat affordable! Biasanya, para calon manten juga banyak yang berburu souvenir pernikahan di tempat ini karena harganya yang sangat terjangkau.

 

 

  • Malu Bertanya Sesat di Jalan!

Sebagai pasar tradisional tertua, biasanya penjual yang berada di pasar ini juga merupakan ‘bakul’ turun temurun. Meskipun pasar ini sangat luas namun banyak pembeli yang tidak kebingungan dan terlalu lama mencari-cari karena biasanya mereka telah berlangganan selama bertahun – tahun, atau sekedar mendapat rekomendasi dari orang lain. Nah, kalau traveler masih bingung toko atau kios mana yang recommended, bertanyalah pada penjual yang lain karena mereka tentu memiliki referensi kios yang terpercaya.

Pasar Beringharjo

Sebagai penutup acara dolan ke Jogja, mampirlah sebentar ke Pasar Beringharjo untuk berburu buah tangan. Anda dapat menuju tempat ini dengan Trans Jogja. Namun, biasanya pembeli yang keluar dari pasar ini akan membawa banyak barang. Oleh karena itu, kami sarankan Anda untuk menggunakan jasa sewa mobil jogja atau rental mobil di Jogja. Dan jika anda membawa banyak rombongan kami sarankan untuk menyewa mobil elf jogja namun jika membawa sedikit rombongan dapat menyewa mobil avanza jogja Selain lebih menghemat waktu, belanja juga lebih menyenangkan! Traveljogja.net siap mengantar dan menemani liburan Anda di Kota Gudeg, Jogja.

Join This Conversation