Sendratari Ramayana

Siapa tidak kenal Candi Prambanan? Candi Hindu megah di perbatasan DIY dengan Jawa Tengah ini merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang bernilai historis. Di samping sejarah penemuan dan pembangunan candi yang konon di mulai pada abad ke-9, Candi Prambanan juga dikenal dengan mitos Ramayana-nya. Legenda tentang asal usul Candi Prambanan yang memuat kisah cinta Rama dan Shinta ini tergambar jelas melalui relief candi. Kisah ini sangat lekat dengan kepercayaan umat Hindu yang dikutip oleh Empu Tantular di kitab karanganya, Kitab Arjuna Wijaya.

Sendratari Ramayana by ig @amoresta_gp

Sendratari Ramayana

Sendratari Ramayana merupakan sebuah pertunjukan yang memadukan seni, drama, dan tari dalam satu panggung. Pertunjukan epic ini dipertontonkan secara outdoor maupun indoor. Dalam pertunjukan outdoor, Sendratari Ramayana selalu berhasil membawa penonton ke dalam suasana emosional dengan latar belakang Prambanan di malam hari. Pemandangan Candi Prambanan di malam hari ini menambah kesan mistis namun tetap anggun dalam balutan sorot lampu dari bawah. Di tambah lagi, dalam pertunjukan Sendratari Ramayana ini, fire dance atau tarian api juga turut mengaduk – aduk emosi penonton, membuat suasana jadi semakin menegangkan. Tak heran, meskipun tidak ada dialog dalam pertunjukan ini, penonton dapat tenggelam dalam rentetan kisah yang hanya dideskripsikan melalui gerakan dan suara sinden.

 

Sendratari Ramayana

 

Sendratari Ramayana atau yang juga dikenal dengan Ramayana Ballet ini terdiri dari enam episode yang terdiri atas episode hilangnya Shinta, Hanoman Duta, Hanoman Obong, Pembuatan Jembatan Menuju Ngalengka, Gugurnya Kumbakarna, dan Sintha Obong. Sendratari Ramayana memang memiliki kisah yang cukup panjang. Singkatnya, Sendratari Ramayana berkisah tentang Rama yang kebakaran jenggot karena istrinya, Shinta, menghilang dan diculik oleh Rahwana. Rahwana menculik Shinta karena megira bahwa Shinta merupakan jelmaan Dewi Widowati, wanita yang telah lama dicari dan dipujanya.

Sendratari Ramayana by ig @satriaatasangin

Pada akhirya, Shinta berhasil direbut kembali dari Rahwana dengan bantuan Hanoman. Hanoman adalah seekor kera putih yang lincah, cerdik, dan perkasa. Namun ketika Shinta kembali, Rama meragukan kesetiaannya. Ia mengira bahwa istrinya tersebut sudah tidak suci lagi. Untuk membuktikan kesucian dan kesetiaannya, Shinta membakar dirinya sendiri. Tubuh Shinta ternyata tidak terbakar. Ia justru bertambah cantik. Hal tersebut membuktikan bahwa ia masih suci. Akhirnya, Rama dan Shinta bersatu kembali.

 

Tiket Masuk

Meskipun terletak di kawasan Candi Prambanan, pertunjukan Sendratari Ramayana ini memiliki tiket masuk tersendiri. Harga tiket masuk yang tersedia bervariasi, tergantung kelasnya (Kelas 1, Kelas 2, Khusus, VIP). Dengan merogoh kocek sebesar Rp. 125.000 Anda sudah dapat menikmati pertunjukan outdoor mewah ini di kelas 2.

 

Lokasi Sendratari Ramayana

Sendratari Ramayana dipertunjukkan di Candi Prambanan yang terletak di Kecamatan Prambanan. Dari Kota Yogyakarta, candi ini terletak kurang lebih 17 km. Traveler dapat dengan mudah menemukannya karena candi ini terletak di kiri jalan (dari arah Yogyakarta) Yogyakarta – Solo. Jika Anda berlibur bersama rombongan, menggunakan jasa sewa mobil jogja atau rental mobil jogja akan membuat perjalanan Anda lebih nyaman dan efektif. Traveljogja.Net siap mengantarkan perjalanan Anda mengunjungi Candi Prambanan sekaligus lokasi wisata recommended lain di sekitarnya seperti Tebing Breksi dan Candi Ratu Boko.

 

Join This Conversation