Wisata Jogja Taman Sari

Sebagai Kota Budaya, Yogyakarta memiliki banyak lokasi yang menyimpan histori. Salah satu sejarah yang sangat kental dengan keistimewaan Yogyakarta adalah keberadaan Sultan atau Raja sebagai pemimpin yang hingga sekarang masih dijunjung tinggi dan dipercaya oleh warga jogja. Keberadaan pemimpin Yogyakarta yang dikenal dengan Sultan Hamengkubuwana sejak yang pertama hingga sekarang (ke sepuluh) telah meninggalkan banyak kisah bersejarah yang kemudian diabadikan sebagai tujuan wisata budaya. Salah satu peninggalan dari Sultan Hamengkubuwana I yaitu Taman Sari.

 

Wisata Jogja Taman Sari Yang Kaya Kisah

Taman Sari merupakan sebuah tempat peristirahatan Raja dan keluarga. Tempat tersebut dibangun oleh Raja Mangkubumi yang kemudian bergelar Sultan Hamengkubuwono setelah masa perjanjian Giyanti, untuk menghormati jasa-jasa istrinya. Raja menyadari bahwa istri-istrinya juga turut andil dalam masa peperangan. Untuk itu, beliau memerintahkan seorang arsitek asal Portugis bernama Demak Tegis dan Bupati Madiun untuk membangun sebuah tempat peristirahatan mewah.

Wisata Jogja tamansari – Rental Sewa Mobil Murah Jogja

Tamansari

Dalam pembangunannya, Raja memilih tempat peristirahatan tersebut dibangun di tengah-tengah garis imajiner yang menghubungkan Gunung Merapi dengan Pantai Parangtritis. Selain itu, Raja juga memilih tempat yang terdapat umbul atau sumber mata airnya. Maka, dibangunlah sebuah tempat peristirahatan megah dengan arsitektur berwarna putih yang dikelilingi oleh danau buatan dan wewangian kembang yang ditanam di sekeliling. Orang – orang kemudian mengenalnya sebagai Taman Sari.

Tempat peristirahatan tersebut sebetulnya memiliki luas kurang lebih 10 hektar. Namun, kini beberapa wilayah Taman Sari telah digunakan warga untuk tempat tinggal. Taman Sari terbagi menjadi 4 Bagian, yaitu danau buatan yang terletak di sisi barat, Pemandian Umbul Binangun di sisi selatan danau buatan, Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati di selatan Umbul, dan sisi timur yang meluas hingga ke kompleks magangan. Kolam yang mitosnya dijadikan tempat pemandian para putri itu pun terbagi menjadi 3 bagian, yaitu Umbul Kawitan (kolam untuk putra-putri Raja), Umbul Pamuncar (kolam untuk para selir), dan Umbul Panguras (kolam untuk Raja).

Masjid Taman Sari, gambar diambil dari www.hashtagbylily.com

Disamping kemewahan bangunannya yang tak lekang oleh waktu, Taman Sari memiliki banyak kisah dari yang romantis hingga magis, yang menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan, bahkan yang sudah pernah berkunjung ke tempat ini. Maka, sangat disayangkan jika Anda melewatkan lokasi ini saat berkunjung ke Yogyakarta.

 

LOKASI DAN JALAN MENUJU TAMAN SARI

Taman Sari berada dekat di alun – alun selatan dan kurang lebih hanya berjarak 1 km dari Keraton Yogyakarta. Tim Traveljogja.Net siap mengantarkan Anda hingga ke tujuan, dan merekomendasikan beberapa lokasi wisata di jogja yang tak kalah menarik. Tak perlu repot dan khawatir, kan? Let us to handle your safe trip!

 

TIKET DAN JAM BUKA

Wisatawan Lokal : Rp 3.000

Wisatawan Asing : Rp 7.000

Jam Buka : 08.00 – 14.00 WIB

Join This Conversation