Thiwul Ayu Mbok Sum

Ketika berwisata kesuatu tempat rasanya kurang pas jika belum mencicipi makanan khas nya. Nah, setelah selesai berwisata di kawasan Mangunan Bantul, traveler dapat merasakan camilan khas tradisional yang terbuat dari tepung gaplek (singkong).

Ya, Thiwul ayu menjadi salah satu oleh-oleh khas  yang di buru traveler yang berkunjung ke Bantul. Salah satu rumah produksi Thiwul Ayu yang telah melegenda adalah Thiwul Ayu Mbok Sum yang terletak di Dusun Mangunan, Dlingo Bantul. Tepatnya berada di jalur menuju Hutan Pinus.  Warung ini buka mulai pukul 06.00 s/d 20.00.

 

Lokasi Thiwul Ayu Mbok Sum Mangunan Dlingo Bantul - Rental Mobil Jogja Murah-Sewa Mobil Jogja

Thiwul Ayu Mbok Sum Mangunan Dlingo Bantul

Thiwul Ayu Mbok Sum

Menurut informasi dari pengelola Thiwul Ayu Mbok Sum mulai di rintis oleh Ibu Suminem sejak tahun 1997 dengan berjualan keliling dan hanya menjual satu varian saja. Dan pada tahun 2009 usaha nya mulai berkembang dan punya tempat sendiri, kemudian mulai menyediakan menu baru lainya seperti coklat dan keju. Dan juga menyediakan untuk menu berat nya seperti salah satunya adalah Ayam goreng kampung dengan nasi thiwul dan sambal bawang khas mangunan. Saat ini sedikit nya dalam sehari Thiwul Ayum Mbok Sum dapat menjual 750 thiwul dengan berbagai varian rasa diantaranya gula jawa, gula pasir, coklat, keju, strawberry, nanas dan original. Dan harga yang di bandrol untuk satu kotak thiwul mulai dari Rp 6 ribu sampai Rp. 15 ribu.

 

Thiwul Ayu Mbok Sum Mangunan Dlingo Bantul - Rental Mobil Jogja Murah-Sewa Mobil Jogja

Thiwul Ayu Mbok Sum Mangunan Dlingo Bantul

 

Thiwul Ayu Mbok Sum

Lalu apa yang membuat Thiwul Ayum Mbok Sum ini berbeda.? Pengelola mengatakan bahwa teknik pengolahan nya berbeda dari  yang lain. Biasanya thiwul dibuat hanya dengan bahan dasar tepung gaplek, namun di Thiwul Ayu Mbok Sum ini mereka menambahkan dengan parutan kelapa. Dapat dibayangkan rasanya menjadi semakin Gurih dan Nikmat. Dan juga proses pengolahanya masih tradisional dengan  menggunakan tungku kayu bakar dan kukusan bambu.

Untuk bahan dasar tepung gaplek di dapat dari petani singkong lokal di sekitar Dlingo Bantul. Dalam sehari menghabiskan 75 kg tepung gaplek.  Dan di masa liburan jumlah tersebut dapat melonjak hingga 4 kali lipat.

Selain thiwul, warung ini juga mempunyai menu makanan dan minuman lainya seperti Gathot, Wedhang Uwuh, Beras Kencur, Temu Lawak dll.

Apabila para traveler kebingungan dan ingin lebih nyaman dalam perjalanan wisatanya dan membutuhkan jasa sewa mobil jogaTRAVELJOGJA.NET siap mengantarkan wisata anda dan memberikan pengalaman wisata yang menyenangkan.

Join This Conversation