Taman Raja Warungboto

Yogyakarta bukan hanya dikenal sebagai kota pelajar, namun juga kota budaya. Tak heran, wisatawan asing maupun lokal berbondong – bondong mengunjungi Kota Gudeg ini untuk menilik sejarah maupun budaya Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satu keistimewaan Yogyakarta sebagai Kota Budaya yaitu keberadaan Keraton dengan Sultannya yang hingga sekarang eksistensinya masih diakui dan dijunjung tinggi oleh masyarakat setempat. Oleh karena keberadaan Keraton yang unik inilah, Yogyakarta memiliki banyak obyek wisata budaya dengan kisah yang tak akan lekang dimakan zaman, di antaranya Alun – Alun Kidul, Taman Sari, Keraton, dan yang terbaru yaitu Situs Warungboto.

picture taken by ig account of @_meizda

Situs Warungboto sebetulnya bukanlah obyek wisata baru. Tempat tersebut merupakan pesanggrahan atau tempat peristirahatan Raja yang dibangun sejak masa Sri Sultan Hamengkubuwono I yang kemudian dilanjutkan oleh Hamengkubuwono II. Seperti halnya Taman Sari, Warungboto juga memiliki kolam sebagai pemandian dengan umbul atau sumber mata air alami. Di bagian depan pesanggrahan, terdapat juga bangsal atau loby yang cukup luas.

Taman Raja Warungboto

Beberapa tahun yang lalu, Warungboto tidak menarik banyak perhatian karena kondisinya yang terbengkalai. Bahkan, banyak orang yang tidak mengetahui bahwa bangunan mirip runtuhan rumah di pinggir jalan raya ini merupakan situs bersejarah dari kerajaan. Hal ini disebabkan karena pesanggrahan tersebut telah lama diabaikan sehingga pamornya pun kalah dengan Taman Sari, yang sebetulnya juga merupakan pesanggrahan Raja.

taken from bisniswisata.co.id

Sejak tahun 2016, pemerintah setempat melakukan pemugaran. Situs Warungboto yang semula hanyalah puing bangunan kini menampakkan kemewahannya. Meskipun telah direnovasi, tempat yang pada zamannya dinamakan Pesanggrahan Rejowinangun ini tetap menonjolkan suasana vintage dengan warna tembok yang tampak lusuh namun terlihat megah. Tempat ini pun naik daun sebagai salah satu destinasi wisata budaya semenjak banyak anak muda mengabadikan kunjungan mereka di media sosial.

 

Lokasi dan Retribusi Taman Raja Warungboto

Meskipun telah dipercantik, hingga saat ini belum berlaku biaya retribusi untuk memasuki Situs Warung Boto. Hal ini dikarenakan renovasi dan pemugaran masih dalam proses. Jika Anda berkunjung ke Yogyakarta, Situs Warungboto sangat layak untuk masuk ke dalam to go list travel  Anda karena lokasinya yang tak begitu jauh dari kawasan Kota Yogyakarta dan dekat dengan salah wisata Kebun Binatang Gembira Loka. Sebagai penyedia jasa sewa mobil jogja  professional, kami siap mengantarkan perjalanan Anda. We are ready to handle your safe trip!

Join This Conversation