Alun Alun  Kidul

Salah satu obyek wisata yang terkenal di Kota Jogja adalah Alun – alun kidul. Karna Alun alun kidul juga merupakan ikon Kota Yogyakarta selain Malioboro. Dahulu tempat ini adalah peninggalan dari kerajaan Kraton Yogyakarta yang kini sudah menjadi untuk tempat wisata.

Yogyakarta mempunyai dua Alun alun, yaitu Alun alun Lor (Alun alun utara) yang terletak di bagian depan Kraton Yogyakrta dan Alun alun Kidul (Alun – alun Selatan) yang terletak di bagian belakang Kraton Jogja.  Alun- alun ini mempunyai fungsi nya masing masing. Nah, alun – alun kidul ini berfungsi untuk menyiapkan suatu kondisi yang menunjang kelancaran hubungan dengan antara Kraton dengan dunia.

Alun – alun kidul juga melambangkan kesatuan kekuasaan yang sakral antara raja dan para bangsawan yang tinggal di sekitar alun – alun. Alun alun kidul yang terletak di belakang Kraton Jogja ini dekelilingi oleh tembok luas persegi dan 5 buah gapura.

Dari beberapa info yang di dapat, Alun alun kidul juga memiliki fungsi untuk penyeimbang Alun – alun utara. Manakala Alun – alun Utara merupakan tempat berkumpul masyarakat yang punya watak ribut, lalu Alun – alun Selatan berfungsi sebagai penyeimbang watak tersebut.

Alun – alun kidul yang juga di kenal dengan nama Alkid di yakini untuk tempat istirahat (palereman) bagi para Dewa. Karna itu sekarang alkid banyak di gunakan masyarakat untuk tempat ngleremke ati menentramkan hati banyak orang. Terbukti dengan banyak nya hiburan dan wisata di alkid

Sejarah Alun – alun Kidul Jogja

Dahulu alkid di gunakan untuk acara latihan ketangkasan para prajurit kraton jogja. diantaranya adalah.

Manahan, manahan adalah lomba memanah dengan posisi duduk bersila.

Satonan, adalah ketangakasan berkuda para prajurit kraton.

Rampog Macan, ini adalah lomba adu manusia dengan harimau yang pada zaman dulu para raja menyaksikan nya di bangunan Sasono Hinggil yang kini beralih fungsi jadi tempat pertunjukan seni.

 

Ritual Laku Masangin

Masangin bukan berasal dari dua kata “mas” dan “angin”. Ini sekadar permainan yang mudah dan menyenangkan buat dilakukan seluruh keluarga.  Ritual Masangin adalah sebuah ritual dimana seseorang harus berjalan melewati dua buah beringin kembar di Alun-alun kidul dengan mata tertutup. Mitos yang di percaya turun menurun, bagi siapa yang berhasil melakukan masangin maka orang tersebut hatinya bersih dan permohonannya akan terkabul.

Ritual Masangin - Sejarah Alun - Alun Kidul Jogja - Sewa Mobil Murah di Jogja

Ritual Masangin – Sejarah Alun Kidul Jogja – Foto ©ematravelina

Permainan Masangin ini menurut masyarakat setempat dulu pada masa kerajaan Sulatan HB 1 ada seorang putri yang cantik. Kecantikan nya begitu terkenal hingga banyak pemuda yang ingin melamar nya. Namun tidak mudah untuk menaklukan hati sang putri cantik ini, ada syarat yang harus di penuhi. Yaitu pemuda yang ingin melamarnya harus dapat melewati celah pohon beringin kembar dengan mata tertutup. Karna menurut Sultan orang yang dapat melewati celah beringin tersebut memiliki hati yang tulus dan bersih. Banyak sekali yang mencoba nya tapi tidak ada yang berhasil kecuali anak Prabu Siliwangi yang akhirnya menjadi suami sang putri. Selain itu dulu tempat ini juga di gunakan untuk pagar / pertahanan gaib yang berfungsi untuk mengecoh pasukan Belanda yang ingin menyerang Kraton agar mereka kehilangan arah

 

Artikel Terkait Lainnya:

 

Jika anda membutuhkan sewa mobil jogja atau sewa bus jogja untuk City Tour atau acara lainya traveljogja.net siap melayani anda

 

 

Summary
Article Name
Sejarah dan Wisata Alun alun Kidul Jogja
Description
Alun alun kidul Jogja / Alkid dahulu di yakini sebagai tempat istirahat dewa (Palereman). Terdapat Ritual Masangin yaitu berjalan dicelah beringin kembar
Author

Join This Conversation